Adi Kurniawan, S.Pd., M.Hum, Pembimbing FLS2N 2020

Torehan Prestasi Ini Sejarah Bagi SMKN 1 Sumedang

Torehan Prestasi Ini Sejarah Bagi SMKN 1 Sumedang ist

SUMEDANG, GJ.com - Berhasil menjadi yang terbaik pada gelaran FLS2N 2020 dalam menyuguhkan sebuah karya yang berjuluk “Tulung Lutung”, bukan sesuatu yang datang secara tiba-tiba. Tetapi jauh hari sebelum perhelatan tahunan tersebut dilaksanakan, para siswa yang tergabung dalam tim yang dipersiapkan untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut berlatih cukup keras.

Bagi 5 siswa yang memiliki talenta di bidang seni ini, setiap hari tekun berlatih tanpa mengenal lelah, meski dalam kondisi pandemi Covid-19. Tekad mereka untuk menjadi yang terbaik di FLS2N 2020 begitu menggebu, sehingga pada masa darurat Covid-19 pun fokus untuk berlatih. Bagi mereka Covid-19 bukan satu alasan untuk tidak berkarya dan berprestasi. Perjuangan dan kerja kerasnya ternyata tidak sia-sia, mereka pun berhasil memboyong medali perak dari event tahunan bergengsi tersebut.

Pembimbing FLS2N SMK Negeri 1 Sumedang, Adi Kurniawan, S.Pd., M.Hum., mengatakan, dengan keberhasilan siswa SMKN 1 Sumedang di ajang FLS2N tingkat Nasional 2020, pastinya sangat bersyukur sekali. “Alhamdulillah kami panjatkan kepada Allah SWT, rasa bangga dan haru atas prestasi yang ditorehkan anak-anak kami sekaligus mencatatkan sejarah bagi SMKN 1 Sumedang khususnya mampu bersaing dengan peserta dari provinsi lainnya dengan mendapatkan medali emas sebagai penyaji terbaik pada bidang lomba musik tradisi daerah FLS2N Tingkat Nasional Tahun 2020,” ujarnya.

Persiapan untuk FLS2N ini dilakukan dengan sangat matang, ujar Adi, berbagai pertimbangan, strategi disiapkan agar mendapatkan hasil yang maksimal, mulai dari penentuan peserta didik yang akan menjadi tim penyaji, konsep komposisi karya musik dan pendukung lainnya dilakukan dengan sangat baik. Persiapan dimasa pandemi cukup menguras tenaga dan pikiran, tapi alhamdulillah semua itu mampu dilewati dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Kemenangan yang dihasilkan melalui proses yang baik, menurut Adi, akan menjadi pengalaman yang berharga, Semua kemenangan tiada lain adalah rencana dan kehendak Allah semata, Tugas kita hanyalah berekspektasi, menyusun strategi lalu meminta dan berdoa. Capaian prestasi tertinggi FLS2N jenjang SMK Tingkat Nasional mudah-mudahan menjadi motivasi bagi semua peserta didik untuk meraih cita-cita yang lebih tinggi.

Bagi kami, tambah Adi, melaksanakan proses dan bimbingan yang berkualitas dalam event ini sebagai bentuk rasa tanggung jawab moral kepada peserta didik. Selain itu, mudah-mudahan kalau ada kesempatan karawitan SMKN 1 Sumedang ke depannya ada kesempatan untuk bisa Go International.

Kepala SMK Negeri 1 Sumedang, Dra. Elis Herawati, M.Pd., mengaku sangat bangga dan mengapresiasi prestasi yang ditorehkan anak-anak didiknya. “Alhamdulillah, saya bangga sekali dengan keberhasilan mereka di FLS2N tingkat nasional,” katanya.

Dikatakan Elis, pelaksanaan FLS2N tahun ini yang dilaksanakan secara virtual akibat pandemi Covid-19, dirasakan sangat berbeda. Namun, kondisi ini tidak membuat semangat anak-anak menurun, justru mereka mampu memberikan rasa bangga bagi warga SMKN 1 Sumedang.

Prestasi Jurusan Seni Karawitan SMKN 1 Sumedang:

• Juara 1 FLS2N jenjang SMK Bidang Lomba Musik Tradisi Daerah Tk Nasional Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional
• Juara 1 FLS2N jenjang SMK Bidang Lomba Musik Tradisi Daerah Tk Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional
• Juara 1 Kompetisi Rampak Kendang Virtual Open tahun 2020
• Juara 1 Pasanggiri Degung Piala R.A Wiranata Koesoemah IV tahun 2019 Di ISBI Bandung
• Juara 1 Anggana Sekar antar SMA/SMK Tk Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Disbudpar Provinsi Jawa Barat tahun 2019
• Juara 1 Pasanggiri Layeutan Suara antar SMA/SMK Tk Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Disbudpar Provinsi Jawa Barat tahun 2019
• Juara 2 Pasanggiri Anggana Sekar Tk Jawa Barat-Lisma Universitas Pasundan tahun 2019
• Medali perunggu kategori penyaji Naskah Karya Terbaik FLS2N Bidang Lomba Musik Tradisi Daerah Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Lampung oleh Kemendikbud Republik Indonesia tahun 2019

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar