Asep Irpanudin, S.Pd.,

Humas Lebih Mengutamakan Pelayanan

Humas Lebih Mengutamakan Pelayanan Bentar Wibisana Wakil Kepala SMA Negeri 1 Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung Bidang Humas, Asep Irpanudin, S.Pd.,

Humas itu ibarat corong dalam penyampai informasi dari guru kepada kepala sekolah, guru ke siswa, guru kepada orang tua siswa. Humas ini sebagai penghubung, makanya dengan adanya tugas-tugas ini, apalagi di zaman sekarang di tengah pandemi Covid-19 humas begitu berperan menyampaikan informasi.

Pandemi Covid-19 berimbas dalam segala bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar (KBM) pun dilakukan dengan cara pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kondisi tersebut menuntut sekolah harus membuat strategi guna menciptakan, dan membangun kepercayaan orang tua siswa, serta meyakinkan anaknya tetap bisa memperoleh pendidikan layak.

Dalam hal tersebut peran bidang hubungan masyarakat (Humas) sangat dibutuhkan untuk menjalin komunikasi, baik antara siswa dengan guru, guru dengan orang tua siswa, guru dengan pimpinan, serta sekolah dengan masyarakat tanpa harus kontak fisik secara langsung. Saat pandemi Covid-19 memang tugas bidang kehumasan berat, karena KBM tetap harus berjalan.

“Humas itu ibarat corong dalam penyampai informasi dari guru kepada kepala sekolah, guru ke siswa, guru kepada orang tua siswa. Humas ini sebagai penghubung, makanya dengan adanya tugas-tugas ini, apalagi di zaman sekarang di tengah pandemi Covid-19 humas begitu berperan menyampaikan informasi,” kata Wakil Kepala SMA Negeri 1 Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung Bidang Humas, Asep Irpanudin, S.Pd.,.

Tugas humas semakin berat dengan adanya Covid-19 ini, kata Asep, karena informasi yang disampaikan itu harus betul-betul tersampaikan, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran siswa, guru, orang tua siswa, dan pimpinan. Jadi semuanya memerlukan link-nya.

Untuk memberikan pelayanan dalam menyampaikan berbagai informasi, jelas Asep, bidang humas SMA Negeri 1 Dayeuhkolot mungkin agak berbeda dengan sekolah lain. “Kami sudah membentuk petugas helpdesk. Tugasnya selain untuk membantu menyampaikan berbagai informasi, juga berkomunikasi dengan semua sektor, baik internal maupun eksternal,” tutur Asep.

Terkait wacana pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), menurut Asep, bidang humas harus berhubungan selain dengan orang tua siswa untuk menyampaikan informasi terkait PTMT, juga melakukan komunikasi dengan pihak luar, seperti Satgas Covid-19, Puskesmas, dan aparat setempat.

Mudah-mudahan tantangan yang semakin berat dengan kondisi saat ini, ungkap Asep, sistem layanan humas, setelah dibentuknya petugas helpdesk bisa lebih ditingkatkan, komunikasi lebih terjalin, baik antara guru dengan pimpinan, siswa dan orang tua melalui perantara humas.**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar