Lina, S.Pd.,M.T.,

Esensi Pendidikan di Sekolah adalah Pendidikan Karakter

Esensi Pendidikan di Sekolah adalah Pendidikan Karakter Bentar Wibisana

LEMBANG, GJ.com - Pendidikan karakter dan literasi merupakan hal utama yang tetap harus dilaksanakan meski dalam kondisi pandemi Covid-19. Dalam hal pendidikan karakter SMA Negeri 2 Lembang tetap melaksanakannya, selain literasi. Sebab walau bagaimana pun esensi dari pendidikan di sekolah, yaitu pendidikan karakter.

“Artinya karakter mereka harus berubah dari yang tidak baik menjadi lebih baik,” kata Kepala SMA Negeri 2 Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Lina, S.Pd.,M.T., kepada gorajuara.com di ruang kerjanya baru-baru ini.

Dalam BDR ini yang harus dikembangkan, sebut Lina, nilai kedisiplinan dan mandiri. Siswa sudah dikondisikan satu jam sebelum mulai pembelajaran yang dikoordinir wali kelas masing-masing untuk melaksanakan shalat dhuha, cek rambut, seragam, mengisi daftar hadir dan lain sebagainya. Setelah itu mereka mengikuti pembelajaran dengan dipantau oleh para wali kelas.

Program unggulan SMAN 2 Lembang:

1. Sekolah Ramah Anak (SRA)
Sekolah Ramah Anak diwujudkan dengan tujuan untuk melindungi dan memenuhi hak anak selama 8 jam berada di sekolah. Untuk menjadikan sekolah bersih, aman, ramah, indah, inklusi, asri dan nyaman.

2. Sekolah Menuju Eco School
Eco School ada hubungan dengan pendidikan karakter karena salah satunya merupakan gerakan peduli lingkungan, dan untuk menumbuhkan siswa sadar tentang lingkungan, sayang terhadap lingkungan dan bagaimana dia mensikapi tentang lingkungan yang sekarang mungkin sudah mulai rusak atau perlu penanganan oleh kita semua, itu satu hal yang kami utamakan.

3. Infaq 1000 Sehari
Program Infaq ini tujuannya untuk menanamkan rasa peduli terhadap sesama. Uang hasil infaq ini digunakan untuk biaya umroh siswa dan guru berprestasi dalam bidang tahfidz Al-quran, karena ini bagian dari program unggulan SMAN 2 Lembang. Alhamdulillah di tahun 2018 kita telah memberangkatkan 2 siswa penghafal Al-quran, dan tahun 2019 4 siswa penghapal Al-quran dan1 orang guru.**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar